www.dareandtwo.com

IconSejukkan Hati Dengan Islam

WELCOME TO MY BLOG

Hadits 2

Dari Umar radhiallahuanhu, dia berkata:
ketika kami duduk disisi Rasulullah,suatu hari datanglah seorang laki-laki yang mengenakan baju yang sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Hingga kemudian dia duduk dihadapan nabi lalu menempelkan lututnya kepada Rasulullah seraya berkata:"Ya muhammad, beritahu aku tentang islam ?"
Maka bersabdalah Rasulullah SAW:"islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain tuhan Allah(tuhan yang disembah), dan bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah,engkau,mendirikan shalat,menunaikan zakat,puasa Ramadhan dan pergi haji jika mampu"kemudian dia berkata:'Anda benar'.kami semua heran, dia yang bertanya dia pula yang membenarkan.
Kemudian dia bertanya lagi:"Beritahu aku tentang iman ?"
lalu beliau bersabda:"Engkau beriman kepada Allah,malaikat-malaikat-Nya,kitab-kitab-Nya,rasul-rasul-Nya,dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk",kemudian dia berkata:"Anda benar".
Kemudian dia bertanya lagi:"Beritahukan aku tentang ihsan !"
Lalu beliau bersabda:"ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya maka dia melihat engkau".
Kemudian dia berkata:"Beritahukan aku tentang hari kiamat(kapan kejadiannya) !"
Beliau bersabda:"Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya".
Dia berkata:"Beritahukan aku tanda-tandanya !"
Beliau bersabda:"jika seorang hamba melahirkan tuanya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan pengembala domba,(kemudian)berlomba-lomba meningikan bangunannya".kemudian orang itu berlalu dan aku berdiam sebentar.kemudian beliau (Rasulullah SAW) bertanya:"Tahukah engkau siapa yang bertanya ?". aku berkata:"Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui",Beliau bersabda:" Dia adalah Jibril yang yang datang kepada kalian (bermaksud) mengajarkan agama kalian".(Riwayat Muslim)

 
 
 
 

Post a Comment 0 comments:

Post a Comment